Jenis-jenis Kain Pakaian yang Umum Dijual di Internet

Berawal dari jualan baju di Shopee, sehingga saya membuat artikel ini. Untuk memudahkan kebutuhan mengoogling, karena artikel yg saya temukan sebelumnya tidak ada yg terlalu lengkap. 

👚 Brokat
Teknik menenun kain satu ini juga sering disebut dengan tenun sulam. Kaya akan dekorasi, dengan teksture emboss (muncul ke permukaan). Karena menerawang, biasanya ditambah kain furing untuk dalaman.

Sepintas mirip dengan bahan renda/lace, bahan embroidery atau bordir, sehingga terkadang sulit dibedakan.

👚 Parasut
Dikenal juga dengan nama tafetta adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari polyester yang memiliki sifat ringan, tipis dan mampu menangkal air. Selain kemampuan menangkal airnya, kain parasut juga memiliki keunggulan lain seperti hangat, mampu menangkal angin dan mudah dibersihkan.

👚 Polyester/Nylon
Prosesnya dibuat melalui proses kimia dan kain ini disebut juga dengan kain sintesis. Karakteristik adalah tahan lama, ringan, cepat kering saat dijemur, tidak mudah kusut, mudah panas, kurang menyerap keringat. 

👚 Satin
Karakteristik permukaan yang glossy/mengkilat dan licin. Sebaliknya belakang tidak licin dan tidak mengkilap. Benang satin terbuat dari serat sintetis, biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya jadi lebih rendah bila dibandingkan dengan sutra.

👚 Maxmara
Secara sepintas memang hampir tidak bisa dibedakan antara bahan Maxmara dan Satin. Namun, setelah diraba dan dilihat dengan seksama baru nampak perbedaannya yang mencolok. Serat kain Maxmara tersusun lebih baik dan rapi. Berbeda dengan kain Satin, jika diperhatikan lebih mendetail, serat kainnya tidak sebagus bahan Maxmara. Kilau yang nampak pada kain Satin benar-benar mencolok. Sedangkan pada kain Maxmara kilaunya terkesan doff. Dapat dikatakan bahwa kilapnya bahan Maxmara ini memang pas dan bagus dipandang. Karena kain Maxmara memiliki satu kelebihan lain dibanding kain Satin, hal itu kemudian menjadikannya dihargai lebih mahal.

👚 Kenzo Silk
Sangat lembut, berserat khas dengan texture kain zigzag, Terdapat soft glitter menyatu dlm serat kain yg memberikan efek mewah, kilau dove, sangat flowy, sangat adem, tidak kresek-kresek ketika dipakai.
👚 Sutera
Serat alami yang berkilau dan cukup mahalBenang sutra begitu susah untuk dibuat, satu untaian tunggal dari benang sutra memerlukan beberapa ribu kepompong ulat sutra. Hal semacam ini bikin harga kain sutra lebih mahal bila dibanding dengan kain satin. Permukaannya yang tipis dan mampu menyerap air, membuat bahan kain yang satu ini sangat mudah sobek.
👚 Rayon/Santung
Seratnya adalah semi sintetis. Bahan dari serat pohon cemara dan pinus dengan proses kimiawi. Jenis kain ini memiliki tekstur yang sedikit licin, mengilap dan jatuh saat dikenakan. Bahan pakaian yang terbuat dari jenis kain rayon memang dikenal adem dan mudah sekali menyerap keringat. 

👚 Tencel
Bahan kain kelas premium yang biasa digunakan untuk bahan pakaian dan juga biasa ditemukan pada produk sprei. Dibuat dari material lyocell. Disebut juga dengan sutera organik.

👚 Viscose (Rayon)
Salah satu dari jenis rayon, mempunyai karakteristik yang berkilau seperti kain sutra. Berbeda dengan bahan rayon biasa yang tidak mengkilap. Kain viscose ini memiliki julukan KW nya kain sutera karena karakteristik tersebut.

👚 Chiffon
Karakteristik adalah tekstur yang tipis, ringan, bahkan cenderung transparan. Merupakan bahan sintetis yang terbuat dari perpaduan antara bahan nilon, sutra, katun, polyester dan rayon.

👚 Twiscone
Kain twistcone sekilas mirip dengan karakter jenis kain sifon. Tapi bedanya bahan kain ini lebih tebal dan berat dibandingkan dengan sifon. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kain ini akan tembus pandang. Untuk tampilan yang lebih proper saat beraktivitas di kantor, bahan kain twistcone memberikan kesan lebih jatuh dan pas di badan. Selain itu, berbeda dengan kain sifon, bahan twistcone tidak mudah berbau dan lebih adem. 

👚 Baby Doll Ceruti
Kain Ceruti pada dasarnya merupakan bentuk turunan dari kain sifon. Cenderung lentur dan sangat nyaman ketika dipakai. Jenis kain ini terkenal sangat lembut, transparan dan tidak mengkilap. Akan tetapi, jenis kain ini tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Kain Ceruti memiliki permukaan yang sangat mirip dengan kulit jeruk.

👚 Organza
Dikenal dengan kain kaca dengan keunggulannya yang kaku dan mengkilap memberikan kesan mewah. Karena tekstur kainnya yang kaku menjadikan kain ini rentan terhadap kerutan. Namun sifat kain ini sangat halus sehingga tidak bisa di cuci menggunakan mesin cuci.

👚 Mos Crepe
Kain dengan tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun, seperti ada pasir yang menempel pada permukan kainnya. Karakteristik pada kain moss crepe cukup tebal, serat pada kainnya rapat dan tidak terlihat menerawang.

👚 Diamond Crepe
Kain Diamond crepe memiliki tekstur yang hampir mirip dengan moss crepe yaitu seperti tekstur yang rapat kecil seperti butiran pasir. Namun kain diamond crepe tidak selentur msocrepe.

👚 Barbie Crepe
Bahan barbie crepe merupakan bahan yang karakteristiknya persis dengan wolly crepe, bisa dikatakan duplikat dari bahan wolly crepe. Meski demikian, barbie crepe memiliki grade diatas wolly crepe.
Foto atas: Barbie Crepe, Wolly Crepe  
 
👚 Bubble Crepe/Bubble Strecth
Kain crepe dengan tekstur kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Tekstur jeruknya sangat terasa ketika diraba dan terlihat jelas. Kain bubble berbahan dasar polyester atau serat sintetis. Semua kain yang menggunakan bahan dasar serat buatan ini memiliki sifat yang tidak mudah kusut. Bahan kain bubble crepe ini cukup nyaman dipakai untuk bahan jilbab maupun gamis. Karakteristik dari kain bubble crepe agak melar, ringan dan jatuh.

👚 Spandek/Lycra
Karakteristik adalah ringan, elastis tinggi mengikuti bentuk tubuh (dapat merenggang hingga 5 kali dari ukuran aslinya), halus dan lembut. Kain spandek memiliki bahan yang ringan dibandingkan jersey. Kain spandek akan lebih mudah menempel atau melekat menyesuaikan bentuk badan karena lebih ringan dan elastis. Kain ini termasuk dalam jenis-jenis kain yang sering dipakai untuk pakaian olahraga.
👚 Jersey
Menjadi macam kain yang pas digunakan untuk pakaian olahraga atau sportswear. Karakteristik dapat merenggang (cotton stretch) karena sifatnya yang sangat elastik dan fleksibel. Kain jersey memiliki sifat “jatuh” ketika digunakan tidak terlalu perlu disetrika karena tidak mudah kusut. Tekstur kain sangat nyaman ketika digunakan karena dingin. Yang membedakan dengan kain lycra adalah kemampuannya untuk memberi lekukan atau fit di tubuh. Bisa disebut juga bahan jersey ini menempel dengan kulit. Kain Jersey memiliki tingkat ketebalan yang lebih tinggi daripada kain spandek
👚 Scuba
Memiliki keunikan yaitu serat kain tidak akan lepas walaupun tidak dijahit. Memiliki rajut ganda atau dua lapisan yang dapat dilihat secara langnsung dari tepi kain. Berbahan dasar bahan polyester dan Spandeks, sehingga selain tebal kain Scuba memiliki sifat lentur, kuat, halus dan lembut. Rajutan kain sangat rapat sehingga walaupun kain ditarik tidak terlihat transparan. Teksturnya hampir sama seperti wedges tapi lebih tebal.

👚 Wedges
Bahannya yang tebal, kaku, namun agak melar cocok buat baju formal seperti blazer atau gaun. Lebih tipis dari Scuba.

👚 Wolfis
Jenis bahannya ada yang tebal dan ada yang tipis, namun ringan. Kain wolfis tidak mudah kusut. Kain wolfis memiliki sifat tidak tembus pandang. Permukaan bahannya tidak licin.
👚 Savina
Kain safina memiliki kualitas, kelembutan dan dinginnya kain lebih baik dari kain torino dan wolfis. Serat yang lebih rapat sehingga warna yang di hasilkan lebih pekat.

👚 Balotelli
Karakteristik kain tebal namun ringan dengan texture serat penuh kotak-kotak. Tidak menerawang karena serat rapat. Tidak melengket dikulit karena bahan kaku. Permukaan licin.


👚 Balodior
Balodior adalah jenis bahan balotelli yang memiliki corak atau motif. Jadi penampakannya gak terlalu beda ya sama jenis balotelli polos. Bedanya, balodior ini jatuhnya lebih halus & lebih flowy alias gak sekaku balotelli polos. Over all jenis seratnya sama dengan yg polos.


👚 Katun
Dipintal dan ditenun dari serat tanaman kapas. Karakteristik adalah mudah kusut, ringan.

👚 Supernova (Katun)
Karakteristik tergolong kain agak tipis dan mudah kusut. Adem, lembut, halus, ringan. Harga lebih murah.
👚 Ezra (Katun)
Komposisi 75% katun dan 25% polyester. Sifat kain ini lembut, nyaman, tidak luntur dan tidak berbulu. Harga Terjangkau. Kain ini banyak digunakan untuk produk baby set, seperti bumper baby, baju, piyama, gendongan baby, alas stroller, dll.


👚 Spun Tiffany/Katun Arab
Terbuat dari kain sintetis. Tekture lembut dan halus, nyaman digunakan terasa seperti katun. Tidak mudah lecek, mudah distrika. Cocok dijadikan bahan kemeja kerja/sekolah.

👚 Tuyobo Katun
Merupakan kain dengan kualitas prima yang mahal. Kualitas yang ditawarkan juga berbanding lurus yang mana memiliki tekstur yang lembut dan sangat halus. Kain ini terbuat dari serat alami yaitu kapas, terasa dingin saat dipakai dan sangat nyaman di kulit, serta dapat menyerap keringat dengan maksimal.

👚 Drill/Twill/Kepar
Dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Karena lebih tebal dan cukup kaku, kain ini sebaiknya dijadikan sebagai bahan utama celana, culotte atau rok. Selain untuk bottom, kain drill juga sering dijadikan seragam pekerja pabrik dan topi.

👕 Chino
Terbuat dari bahan katun twill yang karakteristiknya kuat, tetapi bisa melar. Sifat melar ini yang membuatnya fit di tubuh sehingga keren saat dipakai.
👚 Linen (Katun Rami)
Dipintal dan ditenun dari serat tanaman rami. Serat kain tebal dan besar. Karakteristik adalah kaku, kokoh, ringan, mudah kusut. Cenderung lebih mahal daripada katun.
 




👚 Lineza Slub/Lineza Linen
Salah satu kain linen yang memiliki kualitas tinggi. Kain ini terbuat dari serat alami yang paling kuat jika dibandingkan dengan bahan kain dari serat alami lainnnya.
 
👚 Blacu
Soal warna kain blacu dihasilkan dari warna asli benang. Jika blacu katun maka warna kain akan lebih cenderung coklat, Sedangkan blacu polyester warna kain akan lebih putih. Kain blacu sendiri adalah kain yang ramah dengan lingkungan, sebab karena kain ini terbuat dari bahan alami dan juga memiliki karakteristik ringan.
👚 Tenun
Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian.

👕 Kain dari Serat Teratai/Lotus





👕 Kain dari Serat Pisang


👕 Kain dari Serat Nanas


👕 Kain dari Serat Bambu

Pada industry tektil serat bambu dicampur dengan katun dan sering disebut katun bambu dan banyak digunakan dalam pembuatan kaos.
Sisi gelapnya, proses produksi untuk mengubah bambu menjadi serat kain sangat intensif secara kimiawi, dan menghasilkan limbah kimia yang cukup banyak. Memerlukan lebih banyak bahan kimia daripada membuat kertas atau membuat kain dari bahan kapas.
👚 Denim
Karakteristik adalah tebal, kaku. Ciri Khas dari denim adalah warnanya biru. 
👚 Felt/Flanel untuk Craft
Terbuat dari wol yang dikompresi dengan proses pemanasan dan penguapan, tanpa ditenun. Tepi kain tidak bertiras/tidak memiliki serat benang.

👕 Felt/Flanel Fabric untuk Kemeja
Kain tenun lembut dan halus, yang terbuat dari wol, katun atau serat sintesis. Pakaian dari kain flanel biasanya bermotif kotak-kotak atau tartan.
Bahan kain flanel yang cukup tebal, memberikan rasa hangat. Tepi kain bertiras/terdapat serat benang seperti kain ada umumnya.
👚 Flecee
Kain fleece tidak mudah terbakar. Memiliki sifat bahan yang elastis (namun tidak mudah melar). Serat kain fleece cenderung mampu menghasilkan listrik statis yang lebih besar dibandingkan lainnya. Bahannya cenderung tebal, lembut dan cukup ringan.

👚 Baby Terry
Memiliki tekstur yang lembut, halus, dan tidak berbulu. Bahannya ringan dan nyaman saat dikenakan. Memiliki daya serap air atau keringat yang sangat baik. Bagian dalam kain cenderung lebih lembut seperti selimut.
👚 Bludru/Velvet
Bahan velvet atau beludru, menjadi salah satu jenis kain yang juga memiliki penampilan mahal dan berkelas. Jenis kain yang satu ini banyak digunakan untuk gaun-gaun malam pada awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, banyak juga pakaian kasual yang terbuat dari bahan satu ini. Velvet sendiri memiliki bentuk yang lebih tebal, dan permukaannya seperti memiliki bulu-bulu halus. Bahan kain satu ini pun memiliki sifat yang tak kuat panas, jadi sebaiknya jangan disetrika, ya.


👚 Suede
Jenis bahan kain yang satu ini sama-sama terbuat dari kulit binatang. Berbeda dari material kulit yang terbuat dari kulit binatang bagian luarsuede justru terbuat dari kulit binatang bagian dalam yang lebih lembut dan fleksibel. Jenis kain yang satu ini pun sering terlihat di sepatu, tas, hingga rok yang bergaya chic.

👚 Kulit
Bahan kain yang terbuat dari kulit memang populer dijadikan jaket. Tapi, kini juga banyak lho, atasan, celana, hingga rok yang terbuat dari bahan kulit. Bahan kulitnya sendiri beragam, ada yang terbuat dari kulit sapi, kulit domba, hingga kulit kambing.

👚 Rajut
Rajut sendiri memiliki ciri khas elastis dan mudah untuk ditarik. Hal ini berkat keberadaan loop-loop antar rajutan benang di kain tersebut. Selain lebih elastis dan fleksibel, kain rajut juga tidak mudah kusut bahkan sulit untuk kusut. Kain ini memang tidak bisa menyerap keringat dan tidak cocok dikenakan saat cuaca panas. 

👚 Wool
Benang wol dibuat dari bahan dasar berupa bulu domba ataupun bulu dari hewan lainnya yang memiliki karakteristik hampir sama. Bahan kainnya mudah menyerap air, sehingga apabila ada noda yang menempel cenderung lebih susah untuk dibersihkan. Wool mampu meregangkan hingga 50% ketika basah dan 30% saat kering. 

👕 Bulu Domba

Kain ini sebenarnya adalah bulu buatan/tiruan, sehingga disebut bulu domba. Bulu domba berbeda dengan wol dombaBulu domba lebih murah dari wol domba, tetapi memiliki efek pemanasan yang baik, tidak kurang dari wol domba. 


👕 Down & Feather
Down merupakan bulu bagian dada dari unggas yang hidup di air. Feather yang merupakan bulu bagian sayap dari jenis unggas yang sama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar