Valerie berumur Newborn, 1 Week, 2 Week, 3 Week

25/10/2017 - 25/11/2017
Minggu Pertama bersama Bayi di Rumah

Masa-masa ini kalau mau dicurhatkan kesulitannya banyak sekali. Banyak pelajaran yg jarang didiskusikan di forum-forum umum, padahal masa-masa ini bisa dibilang penting.

Topik menghadapi minggu pertama pasca melahirkan ini biasanya tidak ter up di forum umum, karena rasa excited yg lebih pada masa kehamilan, masa hamil tua, persiapan menjelang proses melahirkan, dsbnya. Sehingga masa minggu pertama sedikit terabaikan. Meskipun nanti akan terbiasa menghadapi kesulitannya pada bulan-bulan selanjutnya, tapi alangkah baiknya kalau memang tidak ada lagi rasa kaget akan dunia baru yg tidak pernah dialami, apalagi dengan status ibu baru.

Baik, langsung saja, hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan jauh hari untuk minggu pertama bayi:
1. Jika tidak tinggal dengan orang tua, 1 orang pendamping perempuan seperti sosok ibu/orang tua/tante/kakak/adik kita sangat penting di sini. Pokoknya siapapun perempuan yg kita anggap nyaman untuk berkeluh kesah sewajibnya mendampingi kita dari hamil 8 bulan (menjelang mau melahirkan) - umur bayi 2 minggu. Berguna untuk membuat kita lebih bahagia bersama bayi, karena ada tempat untuk berbagi kesulitan baik secara mental maupun secara fisik dalam merawat bayi. Mencegah kita dr baby blues.
2. Jangan lupa minta nomor telepon bidan/perawat/suster yg membantu kita melahirkan dan merawat bayi kita.
Untuk pengalaman merawat bayi pada minggu pertama lbh tepat mendapatkan informasi dari perawat daripada dari mitos orang tua. Bertanya tentang bagaimana posisi bayi saat tidur, pakaian apa yg sebaiknya bayi pakai, cara menghadapi anak yg kesulitan dalam suatu hal, dsbnya.
3. Begadang merupakan kegiatan yg plg membuat kita syok. Hal yg tidak pernah dilakukan tiba-tiba harus dilakukan. Pentingnya sosok pendamping dalam hal ini. Namun lebih baik jika suami yg mendampingi. Dikemudian hari, momen minggu pertama bayi akan menjadi kenangan yg tak terlupakan bersama suami.
4. Tukang masak harus ada. Jika tinggal sendiri sudah harus menghire ART sejak masa kehamilan. Saya lbh menyarankan memiliki ART drpd baby sitter di bulan-bulan awal umur bayi. Kalau tidak ada ART bisa memakai jasa pendamping keluarga kita.
*klik foto untuk memperbesar

Malam Pertama tiba di Rumah, Valerie Umur 4 Hari
Begadang Pertama di Rumah
Valerie Umur 5 Hari
👶 Valerie NewBorn



   

👶 Valerie 1 Week






 

👶 Valerie 2 Weeks




👶 Valerie 3 Weeks



Tidak ada komentar:

Posting Komentar