Bangunan tempat musyawarah adalah
bangunan yang terbuka dengan bentangan ruang-ruang yang cukup luas sesuai
dengan jumlah pemakainya. Pelataran ruang dalam mudah dihubungkan dengan ruang
lainnya dan ruang luar. Bengunan juga mudah dialih fungsikan sehubungan demgan
fungsinya yang serbaguna. Utnuk mendapatkan difat ruang yang serupa itu,
bangunan bale banjar di bangun dengan tipe yang
memungkinkan mengalami fungsinya.
- Bale banjar
- Bale Pamaksaan
- Wantilan
- Bale Sumanggen
- Bale Kulkul
Kelompok-kwlompok
organisasi Desa Adat yang dijadikan kelompok-kelompok pengaturan
administrasratif Desa Dinas disebut banjar dengan anggota banjar dan bangunan
Bale Banjar.
Bangunan Balau
Banjar berfungsi utama tempat musyawara. Kegiatan adat agama dan bentuk sosial
juga dilakukan di Balai Banjar bila melibatkan seluruh atau sebagian Balai
Banjar.
Dengan adanya
berbagai fungdi yang ditampung, Balai Banjar merupakan bangunan multi fungsi.
Sebuah balau banjar pagi hari berfungsi sebagai pasar pagi, Taman Kanak-kanak,
dll. Siang hari sebagai tempat kerja pengrajin, petani atau tempat
beristirahat. Sore hari untuk tempat olahraga dan malam hari untuk tempat
latuhan kesenian, diskusi kecil dan pasar malam.
Anggota banjar yang
melukikan kegiatan adat dapat mengundang atau memakai balai Banjar dengan
melibatkan seluruh atau sebagian anggota banjar, dapat pula hanya meminjam
atau memkai Balai Banjar dan perlengkapan/peralatannya.
Kasatuan keluarga
besar yang terbentuk dalam ikatan Sanggah atau Pamerajan Kawitan, Dadia atau
Paibon membentuk ikatan keluarga yang disebut Pemaksaan. Tempat pemaksaan
melakukan pertemuan atau musyawarah di Bale Pemaksaan yang menempati jaba
sisi. Musyawarah di Bale Pemaksaan diadakan menjelang upacara odalan atau
pjawali di sanggah atau pamerajan untuk memusyawarahkan oaleksanaan upacara.
Serupa dengan Bale
banjar, bale Pemaksaan untuk keanggotaan tingkat pemaksaan juga sewaktu-waktu
diadakan rapat anggota atau warga pemaksaan, untuk memusyawarahkan pembangunan
atau pemugaran pelinggih, pengumpulan dana dan kegiatan adat atau sosial.
Dalam bentuknya
yang lain, organisasi seprofesi yang memerlukan suatu keperluan bersama juga
membentuk pemaksaan sebagai tempat musyawarah atau kegiatan lainnya.
Organisasi seprofesi seperti nelayan, petani tegal, petani perkebuna, dukun
dan kelompok kerja serupa, umumnya membuat pura kelompok dengan pemaksaan
sebagai ikatan organisasinya.
Pada hari raya
tertentu mereka mnghaturkan sesajen. Atau dalam enam bulan sekali mereka
mengadakan upacara pujawali di Pura Semer atau Pura Beji sebagai sumber air
yang mereka perlukan. Pertemuan musyawarah mereka lakukan di Bale Pemaksaan.
Dari berbagai macam
bentuk pamaksaan yang ada, keanggotaannya dapat dari satu keluarga besar, satu
profesi atau berbagai desa.
Bangunan wantilan
merupakan perkembangan dari tuang luas yang bersifar sementara seperti
lapamngan diteduhi pohon, atau halaman yang diteduhi atap sementara yang
disebut tetaring. Rangka bambu disangga tiang potongan cabang pohon bercagak
penyangga ditancap di tanah. Penutu atap dari anyaman daun kelapa, ruangnya
tanpa dinding dapat diperluas ke arah luar, sehingga daya tampung tidak
terbatas.
Bangunan wantilan
dibangun dengan konstruksi utama empat tiang utama, 12 tiang sejajar
sekeliling sisi atau lebih. Atap wantilan umumnya bertingkat disebut
metumpang. Bangunan terbuka keempat sisis, lantai dar atau berterap rendah di
tengah.
Kelompok organisasi
yang memerlukan ruangan luas seperti
banjar atau pemaksaan melengkapinya dengan bangunan jaba sisi pura, halaman
banjar atau pekarangan desa dengan bangunan wantilan. Luas wantilan sekitar
200m2 tergantung pada lias yang diperlukan dari aktifitas yang menguunakannys,
wantilan sebagai tempar musyawarah atau rapat anggota dengan duduk di lantai
atau bale-bale yang ditempatkan. Dalam perkembangannya wantilan juga
dilengkapi dengan kursi sebagai tempat duduk untuk musyawarah atau fingsih
lain.
Sejalan dengan
perkembangan sosial, wantilan juga difungsuikan sebagai tempat pertunjukan,
tempar olahraga, tempat pendidikan dan berbagai fungsi dalam hubungan
kepariwisataan.
Letak wantilan
dalam suatu pekarangan ditengah agak ke tepi dengan ruang luar sekitanya dapar
merupakan perluasan dari keterbukaannya pada empat sisi. Dama fungsi tertentu,
wantilan juga dilegkapi runga pentas dan rung lainnya.
Dalam pekarangan
pura, perumahan dan banjar, diperluka bangunan serbaguna yang disebut Bale
Sumanggen. Berbagai aktifitas musyawah, ersipan upacara, pelaksanaan upacara
dan kegiaran adat lainnya dapat dilakukan di Bale Sumanggen.
Untuk fungsinya
yang serbaguba bangunan Bale Sumanggen terbuka keempat sisi atau tertutup satu
sisi. Letak umumnya di bagian teben kelon atau kauh menghadap ke arah natah
dan tengah.
Bale banjar yang
tidak dilengkapi dengan Bale Sumanggen untuk kegiatan yang dilakukan di
wantilan dalam jumlah terbatas sesuai dengan luas ruangan. Perluasan rung yang
diperlukan menmpati natah halaman Bale Banjar atau ruang sekitar Bale
Sumanggen dengan penataan tetaring atau atap sementarea, angasan/tempat duduk
sementara.
Bale sumanggen
untuk bale banjar umumnya dibangun dengan type bale gese saroras, bale sakenem
atau bale lantang bngunan banjang serupa sakenem rangkaian tiang dua-dua
dijajar memanjang. Bale lantang yang dibangun dengan tiang besar
(asangga/amusti) bentang lebar tinggi desebit Bale Agubg untuk berfungsinya
sebagai tempat upacara Pura desa.
Bale sumanggeng di
balai Banjar yang fungsinya serbaguna untuk berbagai kegiatan memerlukan
balai-balai yang mengikat 8 tiang dan 2 tinagbalai lebih pendek di teben
mengikat 4 tiang di teben dengan 4 tiang pad=ndak. Lintasan silang di tengah
antara keempat balai-balai. Balai sumanggeng tipe asradala 8 tiang, 4 pada
sisi, dan 4 pada sudut-sudut, bangunannya tidak memakai balai-balai,
pemakaiannya duduk di lantai. Bangunan Bale sumanggeng tanpa balai-balai
fungsi serbaguna lebih luas, lantai terbuka dapat difungsikan sebagai tempat
keh=giatan latihan atau pentas pertunjukan.
Beberapa bale
banjar menlengkapai bangunannya dengan bale gong dapat pula difungdikan
bangunan musyawarah.
Alat komunikasu=i
yang disepakati setiap banjar adalah kulkul atau kentongsn. Dengans uara
tertentu dari kulkul yang dipukul emmanggil anggota banjar untuk datang
kebanjar atau menuju je tempat yang ditentukan. Kode tertentu dari suara
kulkul dapat pula memberi informasi tertentu seperti bencana, kematian,
perkawinan, dll.
Untuk menyampaikan
fingsinya menyampaikan informasi jarak jauh, kulkul digantung pada banguan
tinggu semacam menara beratap yang disebntu bale kul-kul/ kulkul dengan Balai
kulkul adalah sara informasi musyawarah banjar. Seriap kegiatan/peristiwa
banjar diinformasikan dengan memukul kulkul adalah peristiwa banjar. Untuk
mudahnya pencapaian, mudah dilihat sebagai pengenal balai Banjar, ditempatkan
di sudut pekarangan atau disudut pura, atau di tempat musyawarah lainnya.
assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
BalasHapusmengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
"3729" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
100% tembus atau silahkan buktikan sendiri
assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
"3729" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
100% tembus atau silahkan buktikan sendiri
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapus